Eighteen Something

Instagram delapan belas foto

Semenjak dicaplok oleh Facebook, Instagram perlahan-lahan berubah. Berubah mengikuti induknya menjadi sebuah platform media sosial.

Dulu Instagram eksklusif hanya tersedia di platform iOS. Instagram menjadi tempat para fotografer berbagi foto-foto indah nan penuh estetika.

Sebagai pengguna Android di masa-masa awal — Android 2.3 seri Ginggerbread — saya dan Helmi hanya bisa ngiler menghadapi kenyataan Instagram yang belum tersedia di Google Play Store.

Ketika Instagram meluncur untuk sistem operasi Android pada bulan April 2012, maka tanpa memikirkan kualitas kamera dan spesifikasi handphone yang pas-pasan, langsung saja saya unduh aplikasi kekinian saat itu.

Instagram kali pertama diluncurkan pada platform Andorid
Foto pertama yang saya saya di Instagram tercatat pada tanggal 4 April 2012

Bertahun-tahun memakai layanan Instagram, sudah ratusan foto yang saya unggah. Beberapa waktu lalu saya lihat betapa runyamnya tampilan timeline Instagram saya. Kebanyakan gambar-gambar tokoh One Piece dan gambar-gambar berisikan tulisan inspirasi.

Cara archive foto pada Instagram
Fitur archive pada Instagram

Pinginnnya sih saya hapus sebagian foto yang terlanjur saya unggah di sana. Tapi yaa menghapus satu-satu foto yang ada di sana itu pasti melelahkan sangat.

Untunglah Instagram akhirnya menambahkan fitur archive belakangan.

Maka, tak perlu menghapus satu-satu, saya bisa menyembunyikan beberapa foto yang sudah tak layak tampil yang ada di timeline Instagram saya. Tentu, gambar-gambar tokoh One Piece itu saya sembunyikan.

Mulai menyederhanakan timeline Instagram

Tentu foto-foto yang berisikan Raffii tak luput saya archive juga. Seperti pada tulisan tentang privasi anak yang pernah saya tulis sebelumnya.

Kemudian ya kok saya ujug-ujug kepikiran hany

a menampilkan sejumlah foto saja pada akun Instagram saya. Mau saya isi hanya sembilan foto kok ya terlalu sedikit. Akhirnya saya putuskan delapan belas foto yang nangkring pada akun Instagram saya.

Jadi jika saya menambah foto baru pada akun Instagram saya, maka saya harus merelakan salah satu foto lainnya untuk di-archive.

One photo in, one photo out.

Ternyata bukan perkara mudah untuk meng-archive foto yang ada, anggap saja sebagai latihan mengikhlaskan. Berikut ini tampilan akun Instagram saya,

Halaman profile Instagram Diptra
delapan belas foto bagian pertama
Tampilan Instagram delapan belas foto bagian ke dua
Tampilan timeline eighteen something Instagram saya

Salam,
DiPtra