Cara Melipat dan Menata Baju yang Efektif

Setiap saya mengambil pakaian dari lemari, selalu saja pakaian yang menumpuk di atasnya menjadi berantakan. Kondisi berantakan menjadi semakin parah ketika pakaian yang saya ambil adalah pakaian yang berada di tumpukan paling bawah. auuuchh, kalau kondisi lemari sudah berubah menjadi berantakan tingkat kecamatan, rasanya males banget untuk merapikan kembali.

Bisanya kondisi berantakan itu saya biarkan hingga beberapa hari. Baru di akhir pekan saya rapikan kembali dengan helaan nafas yang begitu berat. Dari sini saya memahami pekerjaan beberes, baik itu rumah ataupun kamar, adalah satu hal yang menguras energi dan waktu. Namun, ketika selesai beberes ada perasaan lega dan nyaman mendapati kondisi ruangan yang rapi.

Maka dari itu, saya harus mencari metode untuk mengatasi kejadian lemari berantakan setelah mengambil pakaian seperti yang saya paparkan di atas. Sebuah metode yang efektif dan efisien untuk menata pakaian di lemari.

Alhamdulillah, dari hasil berselancar di internet, saya menemui metode Konmari yang digagas oleh Marie Kondo. Seorang wanita Jepang yang mendedikasikan hidupnya sebagai konsultan beberes rumah, hihih ada yaa ternyata konsultan untuk genre seperti ini.

Sebenarnya metode Konmari sudah mendunia, saya ajah yang kuper dan baru tau metode ini belakangan. Bahkan untuk menyewa jasa Marie Kondo untuk membantu menuntaskan kondisi rumah yang berantakan, para client harus rela berada di daftar tunggu selama 3 bulan. Hmmm mantap jaya sekali tanteMarie Kondo ini yaa..

Nah, untuk kasus saya kali ini saya membutuhkan cara menata pakaian yang efektif. Ternyata untuk bisa menata pakaian secara efektif, haruslah didahului dengan cara melipat yang tepat. Berikut ini saya sajikan video cara melipat baju yang efektif menggunakan metode dasar Konmari dari web Marie Kondo langsung…

Metode sederhana dari Marie Kondo ini tak pernah terpikirkan sebelumnya. Sedari kecil sudah diajari cara melipat baju secara konvensional. Setelah metode melipat secara efektif ala Konmari sudah saya praktekkan, selanjutnya adalah mempraktekkan cara menata pakaian yang efektif. Sebuah metode yang tidak membuat berantakan ketika hendak mengambil pakaian.

Saran yang diberikan oleh Marie Kondo dalam bukunya The Life-Changing Magic of Tidying Up adalah menata dengan model vertikal, bukan menumpuk. Menurut Marie Kondo, menata barang dengan model vertikal akan menghemat tempat dan menjadi indikator ketika kita mulai menimbun barang.

Dengan menata secara menumpuk, sering kali pakaian yang ada pada bagian bawah terlupakan. Dampak buruknya adalah seperti paparan saya di awal artikel, ketika mengambil pakaian di lapisan bawah, maka pakaian bagian atasnya sering kali ikut terburai.

Secara sederhana menata model vertikal dapat diilustrasikan seperti penataan buku pada rak buku. Buku ditaruh secara berdiri dan berjajar. Pada metode Konmari, pakaian yang sudah dilipat sedemikian rupa ternyata bisa diposisikan vertikal.

Masalah yang saya hadapi adalah lemari yang ada di kamar kosan saya tidak memiliki drawer. Jika pakaian ditaruh dengan model vertikal dalam lemari, nantinya saya akan mengalami kesulitan ketika akan mengambil pakain di bagian dalam, bagian terjauh dari pintu lemari.

Untunglah kardus bekas blender yang saya beli tahun lalu belum saya buang. Dengan melakukan sedikit modifikasi, saya menyulap kardus bekas blender menjadi drawer untuk pakaian di dalam lemari. Lebih kurang penampakannya seperti gambar di bawah ini..

drawer ala-ala
Menata Baju Model Vertikal dalam Drawer ala-ala

Yak lebih kurang hanya sejumlah itu kemeja dan t-shirt yang saya miliki dan gunakan selama di Jakarta. Untuk celana, kebetulan belum saya buatkan drawer-nya, lagian jumlahnya hanya 5 lembar.

Sebagai penutup, pada halaman-halaman berikut ini ada live preview metode melipat Konmari yang didemonstrasikan oleh mba Lavendaire, seorang youtuber. Di kanal Youtube-nya mba Lavendaire mendokumentasikan kesehariannya menjalani hidup minimalis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s