Early Bad

Bertahun-tahun saya terbiasa tidur di atas jam 12 malam. Kini, lebih kurang sejak 1 Januari 2017, saya memaksakan diri untuk tidur lebih awal. Jam 10 malam saya usahakan sudah rebah di pembaringan memejamkan mata untuk menyegerakan tidur.

Iya memang merubah kebiasaan tidur itu bukan perkara mudah bagi saya. Boleh dibilang saya mengalami insomnia. Efek buruknya selalu lesu dan kurang bersemangat di pagi hari.

Apalagi saya menganut mindset bahwa lelaki itu tidurnya harus malam dan kuat begadang. Hadeuuh, mindset kampret dari mana lagi ini yang meracuni saya.

Lebih parahnya, ketika sedang penasaran terhadap suatu hal, misal ngoprek smartphone, menamatkan novel atau marathon nonton film serial kecuali drama korea :D, saya bisa begadang sampai pagi. Hmm kebiasaan buruk yang harus segara dieliminasi.

Untuk menyelamatkan diri dari derita insomnia berkepanjangan ini, maka saya menerapkan beberapa langkah untuk mengatasinya. Ada 5 langkah sederhana yang saya lakukan untuk mengatasi insomnia yang saya alami.

1. Mematikan Lampu

Ayah saya suatu hari memberi tahu jika ketika tidur sebaiknya dalam kondisi lampu dimatikan. Ketika saya mencari informasi lebih lanjut, ternyata memang benar, tidur dalam kondisi lampu kamar dimatikan akan membuat sekresi hormon pertumbuhan lebih baik.1 Dari percobaan mematikan lampu ketika tidur yang saya lakukan selama hampir dua pekan ini, badan menjadi lebih segar ketika bangun pagi.

2. Tidak Minum Kopi

Semenjak melakukan Sugar Challenge, praktis saya tidak minum kopi hampir dua pekan. Dari info yang saya dapat, kafein dalam kopi akan menghambat “sinyal lelah” yang dikirimkan otak ke tubuh. Tak heran ketika masih rutin minum kopi setiap hari, apalagi ketika malam menjelang, hingga pukul 12 malam rasa kantuk belum juga menghampiri. Puasa kafein.

3. Tidak Terlalu Kenyang

Makan malam apalagi jika terlalu banyak sering kali membuat perut saya terasa begah. Maka untuk menggantikan makan malam, saya menggantinya dengan makan buah atau makanan ringan. Terkadang juga makan roti satu hingga dua lembar. Dulu saya juga sering melakukan makan malam satu atau dua jam sebelum tidur, ternyata makan terlalu larut malam kurang baik bagi kesehatan dan bisa berdampak mengurangi kualitas tidur.2

4. Menjauhkan Gadget

Bermain game atau membaca melalui gadget sebelum tidur kerap kali memicu rasa ingin tahu yang berlebih. Nah hal inilah yang kerap saya alami sebelum ini. Tidur dengan kondisi smartphone ada di sebelah bantal. Saat ini ketika tidur, smartphone saya letakkan di meja dan tak menyentuhnya ketika menjelang tidur. Cahaya radiasi dari smarphone juga bisa membuat susah tidur.3

Apalagi kalau sudah membaca web Malang Citizen atau mengikuti rentetan chat di grup Whatsapp-nya. Bisa ga tidur-tidur nanti hihihi.

5. Sholat Isya’ di Awal Waktu

Nah, salah satu hal yang kerap membuat begadang adalah sholat Isya’ sebelum tidur, alias menunda shalat Isya’. Iya ini memang tidak baik dari segi adab beragama. Ketika melaksanakan shalat Isya’ di awal waktu ada perasaan tenang sepanjang malam. Serasa enteng begitulah. Jadi ketika tidur atau ketiduran dalam kondisi “aman” sudah menunaikan shalat Isya’.

Hal yang ingin saya lakukan beberapa hari kedepan adalah melakukan adab atau sunnah sebelum tidur.4


Oh iya judul tulisan ini sengaja saya namai Early Bad. Bagi penganut paham grammar nazi pasti sudah gemeeess dengan kesalahan vocab yang saya gunakan. Tujuan kedua adalah menguji ketelitian pembaca. Tujuan ketiga saya memang lagi iseng saja karena bahagia, insomnia sudah berlalu, alhamdulillah. Sekarang saya sudah early bad bed.

salam..
dia yang sudah sembuh dari insomnia

Advertisements

One thought on “Early Bad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s