Hakikat Berkumpulnya Awan

Berkumpulnya awan membentuk mendung bukanlah semata-mata untuk menghadirkan hujan. Lebih daripada itu, berkumpulnya gumpalan awan, salah satunya bertujuan menumbuhkan tanaman di muka bumi.

Tanaman yang nantinya menghasilkan produk untuk dikonsumsi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia. Baik itu berupa buah-buahan, dedauan, bahkan pokok batangnya.

Dari perumpamaan itu, dapatlah dipahami bahwa suatu kejadian bukan semata-mata terjadi untuk tujuan yang kasat mata. Ada tujuan lain yang kadang di luar jangkauan akal.

Seperti halnya kisah klasik perjumpaan Nabi Musa dengan Nabi Khidir. Perilaku aneh yang dilakukan oleh Nabi Khidir bukanlah dimaksudkan untuk ditelan mentah-mentah. Tapi ada tujuan mulia di balik perilaku aneh itu.

Begitu juga dengan kesehatan yang merupakan komoditas jualan yang evergreen. Kesehatan seperti halnya hujan, hanya merupakan wasilah. Jika hujan merupakan wasilah tumbuhnya tanaman, maka apakah kiranya tujuan hakiki di balik hadirnya kesehatan..?

Pernikahan juga tak jauh berbeda. Jika pernikahan dilihat semata-mata untuk kenikmatan hasrat biologis, maka tiada bedalah dengan makhluk hidup lain di bumi selain manusia.

Maka, dalam hal ibadah mahdhoh juga sama adanya. Hadirnya kekhusyukan, ketenangan, kebahagiaan ataupun ahwal hati bukanlah tujuan. Seperti halnya hujan yang menjadi wasilah tumbuhnya buah-buahan. Apakah kiranya buah dari kekhusuyukan, ketenangan dan kebahagiaan yang hadir dalam ibadah.

Kemudian saya terhanti di sini. Pada sebuah pemikiran atas sebuah pertanyaan yang saya begitu khawatir untuk mengutarakannya. Lantas untuk apakah hadirnya pertanyaan-pertanyaan..?

Sama halnya dengan hakikat berkumpulnya awan yang menghadirkan hujan.

Salam..
dia yang sedang takut bertanya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s