Mindfulnote

Dari buku Zen Habits: Mastering The Art of Change, Leo Babauta menyarankan untuk mengambil satu habit atau kebiasaan yang ingin dicapai. Dari beberapa contoh habit yang dia tawarkan untuk dibiasakan, saya memilih habit berlatih mindfulness. Karena berlatih mindfulness merupakan fondasi yang kuat untuk mencapai kebiasaan-kebiasaan lain yang diinginkan.

Secara sederhana, berlatih mindfulness adalah berlatih mengamati pergerakan pikiran dengan cara memfokuskan diri pada aliran nafas. Dengan kata lain, mindfulness adalah seni untuk mengelola pikiran. Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari latihan mindfulness, salah satunya adalah bisa meredakan stres.

Untuk mengingatkan saya agar berlatih mindfulness di pagi hari, maka saya memasang wallpaper bertuliskan “Just Breath” di  handphoneWallpaper yang saya pasang di handphone  saya adalah sebagai berikut.

Just Breath Wallpaper

Pada bab 10 buku Zen Habits: Mastering The Art of Change, salah satu tugas yang harus dilakukan adalah membuat jurnal harian tentang perkembangan habit yang ingin dicapai. Lebih baik lagi jika jurnal harian yang dibuat, dituangkan kedalam media blog dan diketahui orang banyak.

Tujuan membuat jurnal secara online atau blog adalah untuk membangun akuntabilitas. Dengan membuat pernyataan dan laporan perkembangan secara online, maka mau tidak mau kita akan terpicu untuk mempertahankan kebiasaan baik yang sedang ingin kita capai.

Pada mulanya, Leo Babauta membuat blog Zen Habits dengan tujuan sebagai jurnal online tentang perkembangan habitnya. Selain itu, dia juga berbagi tentang bagaimana cara merubah kebiasaan dan menyederhanakan hidup. Selama ini, Leo juga menyarankan pembaca blognya untuk membuat blog mengenai kebiasaan yang ingin mereka capai.

Berdasarkan pemikiran itulah, saya memberanikan diri untuk membuat jurnal online tentang perkembangan kebiasaan yang ingin saya capai, yaitu berlatih mindfulness. Sebenarnya sudah 15 hari ini saya rutin berlatih mindfulness. Tentang waktu yang saya tetapkan untuk berlatih mindfulness adalah sekitar jam 6 pagi.

Oh iya mengenai bagaimana metode latihan mindfulness yang saya lakukan selama beberapa hari ini akan saya ceritakan pada jurnal esok hari. Satu hal yang pasti, hasil latihan mindfulness hari ini adalah perenungan kembali motivasi awal membuat blog ini, yaitu berbagi pengalman seputar gaya hidup minimalis.

Untuk selanjutnya, saya ingin kembali menulis secara lebih sistematis dan rutin mengenai gaya hidup minimalis. Mengingat tagline blog ini kembali mengusung tentang gaya hidup minimalis. Semoga dimudahkan jalannya menuliskan tentang hal ini.

salam..
DiPtra

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s