Tenebris

Di balik kenyamanan-kenyamanan fasilitas yang kita rasakan saat ini, terdapat pihak-pihak yang menukarkan waktu dan tenaganya untuk menjaga keberlangsungan dari fasilitas yang kita gunakan. Pernyataan ini saya dapati ketika melihat pekerja yang sedang membangun jalan layang di seputaran Bandara Soekarno – Hatta.

Di balik kelancaran kendaraan yang berlalu lalang di jalan layang, ada para pekerja yang menggunakan waktu dan tenaganya untuk membangun jalan. Di balik pekerja-pekerja yang membangun jalan layang itu, terdapat orang-orang yang merekayasa dan merencanakan pembangunannya. Mereka juga menghabiskan waktu dan tenaganya untuk merencanakan dan merekayasa pembangunan jalan layang.

Pada bidang yang saya geluti juga sama. Bidang transmisi energi listrik dari pembangkit hingga bisa sampai ke rumah kita. Karena berkecimpung dalam dunia ini, saya juga mengenal “orang-orang gila” yang mengorbankan waktu dan tenaganya. Bahkan rela mengorbankan perasaannya karena berjauhan dengan keluarga.

Hampir semua fasilitas yang kita nikmati di segala bidang terdapat manusia-manusia yang bekerja siang dan malam demi kelancaran layanan. Mulai dari bidang kesehatan, telekomunikasi, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Mendapati kenyataan ini, membuat hati lebih bersyukur karena tidak perlu memusingkan hal-hal mendetail tentang hal-hal itu.

Malu rasanya jika fasilitas-fasilitas itu mengalami gangguan kemudian serta merta sumpah serapah terlontar dari mulut kita. Secara tidak langsung sumpah serapah itu terlontar juga kepada manusia-manusia yang bekerja di balik layar atas fasilitas-fasilitas yang kita nikmati. Manusia-manusia yang bekerja di balik kegelapan untuk mempersembahkan cahaya kenyamanan kepada masyarakat.

We work in the dark to serve the light.
– Assassin’s Creed

Hingga sore hari ini saya belum latihan mindfulness. Sedari pagi jadwal sudah cukup padat guna mengejar penerbangan pagi dari Malang menuju Jakarta. Alhasil saya lupa berlatih mindfulness walaupun tadi ada cukup waktu terluang. Tapi yaa enggak apa-apa sesekali terlupa latihan mindfulness. Mungkin nanti sebelum tidur saya luangkan waktu beberapa menit untuk me-review apa-apa yang terjadi hari ini.

Salam..
DiPtra

Advertisements

2 thoughts on “Tenebris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s