Revolusi Industri 1.0

IMG_5661

Revolusi industri pertama ditandai dengan dikembangkanya mesin uap oleh James Watt. Pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia mulai digantikan oleh mesin-mesin uap.

Industrialisasi berkembang dengan pesat. Produksi barang kebutuhan masyarakat bisa diproduksi dengan lebih mudah dan secara masal. Kemudian apakah kesejahteraan masyarakat meningkat dengan dikembangkannya mesin uap?

Dari catatan sejarah dapat kita ketahui bahwa penjajahan ketika revoulusi industri pertama terjadi masih banyak terjadi di belahan bumi. Jadi apakah revolusi Industri pertama memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan kepada umat manusia?

Ataukah revolusi industri pertama hanya menguntungkan segelintir manusia dan menindas manusia lainnya? Entahlah, pertanyaan-pertanyaan berat macam ini tak bisa dijawab dalam tulisan-tulisan singkat macam ini.

Satu hal yang pasti, revolusi industri pertama mengubah cara-cara memproduksi barang yang secara langsung juga mempengaruhi pola-pola perekonomian dunia. Revolusi industri pertama memicu lahirnya revolusi industri lanjutan di tahun-tahun berikutnya.

Salam..
DiPtra

Advertisements

2 thoughts on “Revolusi Industri 1.0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s