What I Write About When I Write About Minimalism


don't think

Akhirnya, saya memutuskan menggunakan github page sebagai ruang penyimpanan konten untuk domain diptra.com. Setelah berpindah-pindah platform dan merasakan berbagai sensasi pengalamannya.

Ada banyak hal sudah yang saya tuliskan dalam blog-blog sebelumnya yang menggunakan domain diptra.com. Mulai tentang gaya hidup minimalis, pemikiran absurd, kisah Rojiā€™un, lifehack, kehidupan sehari-hari, kesehatan dan berbagai hal lainnya yang menjadi minat saya.

platform yang saya gunakan pun beragam, mulai dari selfhosted Wordpress, Ghost, numpang hosting di Wordpress.com sampai dengan mencoba Medium yang ternyata mengalami kegagalan pada proses koneksi antara publication dengan domain diptra.com. Yaa sudahlah akhirnya saya pasrah saja dan malah khilaf mengamankan domain baru.

Tanpa sengaja, pekan lalu ketika business trip ke Banjarmasin, saya menemukan informasi mengenai github page. Sebuah layanan untuk membuat publikasi oleh Github. Github page menggunakan Jekyll sebagai platform publikasinya.

Awalnya saya melihat platform Jekyll ini rumit. Namun setelah mempelajari sejenak struktur folder-nya, saya mendapati Jekyll sangatlah sederhana. Bahkan boleh dibilang terlalu sederhana karena tidak melibatkan database sama sekali. Beberapa artikel yang saya baca menginformasikan bahwa Jekyll adalah penyedia laman statis (Static Page Generator). Karena berupa laman statis, sisi keamanan Jekyll boleh dibilang lebih aman daripada platform sejuta umat, Wordpress.

Yak, setelah belajar singkat tentang Jekyll dalam beberapa hari, akhirnya saya menghubungkan domain diptra.com dengan github page yang sudah saya buat. Taraaaa tak butuh waktu lama untuk propagasi akhirnya domain diptra.com nyambung juga dengan github page milik saya.

Namun kemudian saya mengalam kebingungan. Perihal apa yang kira-kira hendak saya sampaikan dalam blog ini. Mengingat selain blog ini, saya menggawangi tiga blog lain yang juga membutuhkan perhatian.

Seperti sudah saya sampaikan sebelumnya, konten untuk diptra.com sangat beragam. Sebagian masih tersisa di artpid.wordpress.com, sebagiannya lagi nyangkut di diptra.id, sedangkan untuk laman yang terhubung dengan tumblr belum saya update hingga sekarang, aaiiiisssh dasar pemalas.

Karena sudah kadung menggawangi empat alamat blog, agar tidak menjadi terlalu gado-gado konten dalam keempatnya, maka jalan yang saya tempuh adalah dengan mengkhususkan tiap-tiap alamat blog untuk satu tujuan atau tema saja.

Maka dari itu, saya memutuskan blog diptra.com hanya akan membahas tentang gaya hidup minimalis atau minimalism. Langkah ini saya ambil karena core tulisan awal saya memiliki ikatan yang kuat terhadap minimalism. Dengan memfokuskan satu tema tulisan saja, saya harap orang-orang yang nyasar atau sengaja mampir ke blog ini akan mendapatkan informasi seputar gaya hidup minimalis yang relevan, lainnya tidak.

Meskipun begitu, saya tidak berhenti menulis hal-hal di luar tema minimalism. Untuk tema-tema di luar minimalism saya akan memanfaatkan tiga domain lain yang saya gawangi. Dan sangat mungkin sekali saya akan lebih aktif menulis di sana.

Selanjutnya, blog ini saya beri tagline What I Write About Whne I Write About Minimalism. Tentang bahasan apa saja yang akan saya tuliskan ketika saya menuliskan tentang minimalism, sepenuhnya masih ghaib. Hanya terbayang samar-samar apa yang hendak saya sampaikan tentang gaya hidup minimalis berdasarkan pengalaman dan sumber-sumber lain yang saya dapatkan. Tentu seiring dengan perkembangan saya dalam menjalani gaya hidup minimalis, semoga ada insight baru yang bisa saya ketengahkan di sini.

Salam,
DiPtra

Related Posts