Cara Membuat Direct Link Chat Pada Whatsapp

img_6332

Berawal dari keisengan saya memodifikasi halaman contact blog ini, saya bereksperimen menghubungkan icon Whatsapp di sana agar bisa langsung terkoneksi dengan nomor Whatsapp saya. Peramasalahannya saat itu adalah saya belum tau cara membuat direct link chat pada whatsapp yang langsung terkoneksi ke nomer saya.

Oh iya untuk cara menghubungkan suatu link dengan icon Whatsapp yang berupa file gambar, saya lewati saja ya caranya karena cukup mudah dan bertebaran di internet. Tulisan kali ini hanya berfokus untuk mengetahui cara membuat direct link chat pada whatsapp.

Untuk online shop yang mengutamakan model komunikasi direct untuk berinteraksi dengan customer-nya, maka penggunaan direct link chat pada Wahtsapp ini sangat berguna sekali. Misalnya online shop dengan sumber customer utama berasal dari Instagram, maka akan lebih baik dan cepat interaksi terjadi jika menggunakan direct link chat Whatsapp daripada calon customer harus menyimpan nomer kontak yang dipajang di akun Instagram. Letakkan saja direct link chat pada kolom url di akun instagram online shop yang kamu miliki.

Yak lebih kurang caranya seperti ini, yaitu dengan menggunakan format kode dibawah ini..

https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorWhatsapp

Agar direct link langsung mengarah ke nomer Whatsapp kamu, maka gantilah tulisan di bawah ini dengan nomer Whatsapp yang kamu miliki, diawali dengan kode negara.

NomorWhatsapp

Misalkan nomer Whatsappmu 081676676789 maka masukkan nomormu setelah simbol sama dengan diawali dengan kode negara yaitu 6281676676789. Lihat contoh berikut ini yaa.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281676676789

Sebagai percobaan, tadi saya sudah membuat direct link chat untuk nomer Whatsapp milik saya. Agar nomor Whatsapp saya agak sedikit tersembunyi, maka saya memendekkan kode direct link  chat Whatsapp yang sudah saya buat dengan bantuan url shortener dari tr.im. Berikut ini link nya:

https://tr.im/dcht

Nantinya jika kamu ngeklik link di atas, maka akan masuk ke browesr dulu dan kemudian muncul pop up untuk membuka aplikasi Whatsapp. Cara ini berlaku baik di browser komputer maupun melalui smartphone. Khusus pada browser komputer, maka sebelumnya kamu harus terlebih dahulu pernah melakukan login Whatsapp melalui browser. Cara login Whatsapp melalui browser dengan menggunakan link di bawah ini.

https://web.whatsapp.com

Sekian, semoga tutorial singkat cara membuat direct link chat pada Whatsapp kali ini. Semoga bermanfaat.

Salam..
DiPtra

15 thoughts on “Cara Membuat Direct Link Chat Pada Whatsapp

        1. Enggak butuh konfirmasi admin kok Bang Ir. Tinggal yang ngeklik link siap untuk join atau enggak.
          .
          Admin bertugas untuk membuat link join ajah.
          .
          Bang Hendra pernah bikin.

  1. kalo send message tp di pc ga terinstall whatsapp bisa ga? jd pas link send message nya sekalian di post user/no hp sama password kita.

  2. itu ga ada pop up nya? ak mau bikinnya on click lgsg terkirim pesan ke whatsapp tujuan tanpa ada pop up. udah nyoba yg htttps://api.whatsapp.com/send?phone=notujuan&text=urlencodedtext tp muncul pop up, masih belum tau cara buat nge passing login whatsappnya via url nya

Share Your Thought