Flickr Ambyar, Pakai Google Photo Saja untuk Hosting Gambar

source

Flickr emang gila. Memberikan servis storage 1 TB kepada penggunannya. Termasuk pengguna gratisan. Tapi itu dulu.

Tahun lalu Flickr mulai berubah. Mengurangi layanan yang diberikan. Dari servis storage free 1 TB, menjadi terbatas 1000 foto saja.

Saya sih menggunakan Flickr. Saya gunakan untuk membackup foto-foto. Terutama foto-foto yang saya ambil menggunakan kamera hape.

Bisa dipastikan, goyangnya Yahoo menjadi penyebab. Google yang lebih superior saja, hanya memberikan free storage di Google Drive 15 GB. Lah ini Yahoo melalui Flickr ngasih storage 1 TB. Nekad.

Perubahan layanan Flickr ini tak terlalu bermasalah untuk saya. Karena saya hanya menggunakan Flickr untuk membackup foto-foto saja. Oh, iya Flickr membackup foto-foto pada ukuran byte file aslinya.

Berbeda dengan metode backup layanan Google Photo. Google Photo membackup foto-foto dengan mengurangi ukuran file. Namun tetap mempertahankan resolusi foto yang dibackup. Entah bagaimana algoritmanya, saya juga gak gitu paham.

Menariknya, Google Photo memberikan akses unlimited untuk foto-foto yang dibackup dengan metode pengurangan ukuran file. Namun tetap memberikan limitasi 15 GB jika membackup foto ukuran byte file aslinya.

Tenang, foto-foto yang terbackup di Google Photo bisa kita tentukan privasinya. Bisa kita setting hanya bisa dilihat sendiri. Bisa juga kita share untuk orang lain, bahkan untuk publik.

Cara Memanfaatkan Google Photo untuk Hosting Gambar di Web atau Blog

Teman saya, Fachri namanya, pusing. Dia pusing karena selama ini menggunakan Flickr. Dia menggunakan Flickr untuk meng-hosting foto-foto makanan yang ditampilkan di blognya. Blognya Fachri seputar kuliner, myeatandtravelstory.

Saya pun akhirnya kepikiran sesuatu. Seandainya saja foto-foto yang ada di Google Photo bisa digunakan untuk nge-hosting gambar di Web atau Blog kita.

Setelah mendapat ide “Hosting Image with Google Photo” ini saya coba-coba cari metodenya. Kali saja sudah ada yang bisa. Iseng-iseng sih pake cara manual “View Page Source” bisaaalah yaa. Tapi yaa kok rasanya menderita kalo harus mantengin source code tiap mau upload gambar.

Setelah kulik-kulik, akhirnya saya nemu juga metodenya. Metode “Hosting Image with Google Photo”. Caranya sederhana banget.

Pertama, kita generate link foto yang ingin kita share yang ada di Google Photo.

Kedua, copy-paste link yang sudah kita generate di layanan ini. Lalu klik Generate Code.

Ketiga, gunakan kode yang kita dapat di blog atau web kita. Nantinya kita akan mendapat dua macem kode. Kode direct link dan kode html.

Nah, gambar yang saya gunakan di bawah ini, adalah hasil eksperimen dengan “Hosting Image atau Gambar dengan Google Photo”.

Hosting Image atau Gambar dengan Google Photo

anyway Flickr masih belum tutup yaa. Hanya saja layanannya berkurang. Entah bakal bertahan sampai kapan.

#eksperimen