Mengurangi Interaksi Media Sosial

Lebih kurang sebulan sudah interaksi saya dengan media sosial berkurang secara drastis. Bukannya dikejar-kejar penagih hutang ataupun penggemar, tapi tindakan saya ini dipengaruhi oleh pemikiran Cal Newport1 tentang media sosial.

Dalam banyak kesempatan, baik itu dalam bentuk tulisan maupun kuliahnya, Cal Newport memberikan saran untuk berhenti menggunakan Media Sosial.

Cal Newport adalah seorang penulis buku dan scientist di MIT. Hingga saat ini dia mengaku belum pernah memiliki akun media sosial.

Seperti tayangan Youtube Cal Newport pada acara TED di akhir tulisan ini, dia memaparkan berbagai argumen untuk berhenti menggunakana media sosial.

Akan tetapi, saya tidak menelan mentah-mentah saran dari Cal Newport. Tidak serta merta saya menghapus semua akun media sosial yang saya miliki. Saya hanya mengurangi interaksi dengan media sosial.

Menghapus aplikasi media sosial di handphone adalah langkah paling sederhana yang dapat saya lakukan untuk mengurangi interaksi di media sosial.

Lalu apakah dampak yang saya rasakan selama mengurangi interaksi denga media sosial?

Lebih kurang ada tiga hal yang saya rasakan ketika mengurangi interaksi dengan media sosial.
Hal yang pertama adalah, saya merasa lebih tenang. Selama ini secara langsung ataupun tidak, kegalauan kerap dipicu oleh informasi yang saya dapatkan dari media sosial.

Kedua, serasa ada waktu tambahan untuk mengerjakan hal lain. Alokasi waktu yang sebelumnya habis untuk bermain media sosial kini dapat saya isi dengan aktivitas lain.

Kudet atau kurang update terhadap informasi adalah hal ketiga yang saya rasakan. Saya jadi telat tahu mengenai berita apa yang sedang hangat dibahas oleh masyarakat.

Tapi walaupun telat mendapatkan update informasi, saya merasa biasa saja. Tak ada lagi FOMO yaitu, kekhawatiran ketinggalan berita.

Dan lagi, informasi yang sedang menjadi trending topic sering kali dibagikan dengan senang hati oleh teman-teman. Baik dibagikan dalam obrolan biasa maupun melalui aplikasi chatting.

Sekian pengalaman saya selama sebulan mengurangi penggunaan media sosial. Apakah kamu ingin mencoba mengurangi penggunaan media sosial, atau kamu merasakan banyak waktu terbuang sia-sia karena media sosial? Bisa deh kamu coba tips yang saya lakukan dalam tulisan ini.

0 thoughts on “Mengurangi Interaksi Media Sosial

Share Your Thought