Stop Stealing Dreams

Pagi ini sebelum memulai aktivitas, saya sempatkan membaca blog Seth Godin. Ada banyak insight baru yang bagus di sana. Hingga saya mendapati tulisan tanggal 25 Desember 2016 yang menampilkan video kuliah umum Seth Godin di acara TED.

Video itu berjudul Stop Stealing Dreams yang mempertanyakan tujuan diadakannya sekolah selama ini. Hmmm sebuah pertanyaan mendasar yang selama ini luput dari perhatian saya.

Dulu ketika masih jaman sekolah, taunya tujuan sekolah itu yaa biar pinter, biar bisa jadi dokter. Ternyata sekarang saya tidak menjadi dokter, malah menjadi engineer.

Melihat pembahasan yang disampaikan oleh Seth Godin selalu saja membuka wawasan tentang hal-hal baru yang menarik. Menurut Seth Godin tujuan diadakannya sekolah adalah untuk mencetak manusia agar siap dicemplungkan kedalam dunia industri.

Dalam sebuah pabrik industri, jika satu alat produksi tidak dapat berfungsi dengan baik, maka pihak manajemen akan dengan cekatan mengganti alat produksi tersebut. Penggantian dilakukan demi menjaga kelangsungan proses produksi.

Dengan mengaitkan antara pertanyaan “apa tujuan sekolah diadakan” dengan contoh penggantian alat produksi yang rusak, Seth Godin ingin memberikan sudut pandang baru bahwa sekolah didirikan untuk mencetak salah satu “komponen industri” yang bisa diganti sewaktu-waktu bila tidak berfungsi dengan baik. “Komponen insdustri” itu adalah kita sendiri yang merupakan produk-produk jebolan sekolahan.

Sekolah pada jaman indsustri ini melatih atau mendidik manusia agar sesuai dengan kebutuhan industri.

Well jika pensaran dan ingin lebih dalam menelaah apa yang disampaikan oleh Seth Godin, bisa membaca lebih lanjut dalam buku Stop Stealing Dreams yang bisa diunduh secara gratis dengan melakukan klik pada gambar di bawah ini.

Stop Stealing Dreams
Stop Stealing Dreams book by Seth Godin

Dalam video di bawah ini, Seth Godin menyampaikan pendapat tentang 8 hal yang bisa dilakukan sehingga bisa berdampak pada perubahan dalam dunia pendidikan saat ini.

Poin pertama yang disampaikan adalah yang paling menarik menurut saya, yaitu sekolah di malam hari dan mengerjakan PR di siang hari.. hmmm.. penasaran..? Yuuk cuus langsung saja disimak video berdurasi 16 menit 58 detik di bawah ini…

Salam..
dia yang sedang mempertanyakan pendidikan selama ini..

Share Your Thought