Revolusi Industri 2.0

IMG_5660

Revolusi industri kedua ditandai dengan pengembangan energi dan perlatan listrik oleh ilmuwan dan menerapkannya dalam industri. Nama besar Tesla dan Edison mewarnai perkembangan revolusi industri tahap dua.

Dari sejarah tentang perkembangan teknologi energi listrik, Tesla dan Edison merupakan rival dalam pengembangan kelistrikan. Dalam rivalitas ini Tesla mengembangkan listrik arus bolak-balik (AC) sedangkan Edison mengembangkan listrik arus searah (DC). Dalam perkembangan revolusi industri selanjutnya, dua macam arus listrik ini saling melengkapi.

Untuk revolusi industri kedua lebih menitikberatkan pada penggunaan motor-motor listrik. Khususnya motor listrik arus bolak-balik yang dikembangkan oleh Tesla. Tesla berhasil mengembangkan teknologi listrik arus bolak-balik mulai dari pembangkitan, transmisi hingga penggunaannya pada peralatan listrik.

Pertanyaan pada revoulusi industri pertama kembali diajukan pada revolusi industri kedua. Apakah revolusi Industri kedua memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan kepada umat manusia?

Entahlah saya tidak bisa menjawabnya. Revolusi industri kedua terjadi saat perang dunia pertama dan kedua terjadi.

Salam..
DiPtra

Share Your Thought