VISIT TIDORE ISLAND – JALAN-JALAN MANJA DAN KHAYALAN-KHAYALAN LEBAY YANG MENYERTAINYA

Visit Tidore Island – Putihnya pasir pantai yang berderak beringsut dari sela-sela jemari kaki terasa menggelitik manja ketika tergerus oleh ombak yang berlarian di bibir pantai. Membuat kaki tak ingin beranjak dari bibir pantai nan eksotis ini. #GeliGeliEnakGituDeh

Pulau Maitara yang bersebelahan dengan Pulau Tidore. Source Flickr by Fabio Achilli

Bermain dengan riak-riak ombak kecil sembari menyaksikan indahnya matahari terbit di garis laut sebelah timur dengan hamparan laut biru cerah memanjakan mata, hmm indahya, maka nikmat Tuhan yang mana lagi yang hendak engkau dustakan..? #YaAllohMaafkanHamba #TerlaluBanyakMendustakanNikmatMu. Inilah kepulauan Maluku, sepercik keindahan surgawi yang dititipkan oleh Tuhan di bumi Indonesia.

Di ujung sana nampak ada gugusan pulau yang lebih besar daripada pulau yang sedang saya kunjungi. Orang bilang pulau itu bernama Tidore yang berasal dari kata To Ado Re yang berarti Aku telah sampai. Mungkin yang dimaksud adalah Aku telah sampai di kampung halaman. Hmm memiliki kampung halaman seindah Tidore siapa yang bisa menolak. #NggakBakalNolak

Pemandangan hasil kombinasi cahaya matahari terbit dengan gugusan pulau Tidore dilihat dari pulau Maitara nampak begitu sempurna. Ditambah dengan nyiur pohon kelapa yang melambai-lambai di pantai Maitara seolah memberikan salam penghormatan kepada sang surya. Sayup-sayup terdengar lagu Surya Tenggelam yang dinyanyikan dengan merdu oleh alm. Chrisye, #NgeekSalahSoundtrackLagu #DikeplakGombloh, iyaa iya tau ini sedang matahari terbit harusnya muter lagunya kang mas Ariel yang berjudul Menunggu Pagi. #KalianLuarBiasaaa

Saya sendiri masih bermain-main dengan pasir dan ombak di pantai. Rasanya ingin sekali menceburkan diri ke laut untuk berenang membasahi insang yang lama tak terjamah air ini heuheuhue #SreetDiculikPutriDuyungBahenol. Tapi apa daya, kemampuan berenang saya masih ngap-ngapan. Agak riskan jika harus nekat menceburkan diri ke laut. #AlasanTakutAir #PadahalPakaiPelampung.

Jika bersafari Ramadhan di Pulau Maitara, rasanya tak afdhol jika tidak menyempatkan diri untuk snorkling mengintip keindahan bawah laut yang disuguhkan. Terumbu karang dan ekosistem laut yang begitu indah. Rasanya tak kalah dengan keindahan Raja Ampat. #PadahalBaruLiatRajaAmpatDiTV.  Pengalaman snorkling di Pulau Maitara tak akan terlupakan deh, Kamu pokoknya harus nyobain snorkling di Pulau Maitara. #RugiBangetKaloEnggak. Selain Pulau Maitara, kabarnya ada Pulau Failonga yang tak kalah menarik. Kalau masih ada waktu bakal saya sempat-sempatin main ke Pulau Failonga.

Ngibirit dari Pulau Maitara. Source Flickr by Fabio Achilli

Menjelang siang, perahu menuju Pulau Tidore melepas jangkar dari pulau Maitara. Masih sambil menikmati es degan (es kelapa muda) saya naik Black Pearl perahu  menuju pulau Tidore sambil duduk-duduk manja di bagian depan perahu. Hmm naik perahu di antara gugusan pulau nan indah macam ini seperti sedang menikmati keseruan petualangan Kapten Jack Sparrow. #MerasaKerenMacamJohnnyDepp.

Tak berapa lama saya sudah sampai di pulau Tidore. Destiansi pertama saya kali ini di pulau Tidore adalah Benteng Takeshi Tore. Konon benteng ini adalah peninggalan pemerintahan Portugis. #YaaEmangPeninggalanNenekMoyangLo. Dengan adanya Benteng Tore ini memberikan bukti nyata tentang jejak-jejak orang Eropa di Pulau Tidore. Kedatangan orang-orang Eropa ke Pulau Tidore tak lain karena komoditas rempah-rempah yang hanya bisa di dapatkan di kepulauan Maluku saat itu. #YaaKaleeeKarenaPrincessSyahrini.

Laut Tidore dilihat dari Benteng Tore via Google 360 by Jiří Hruška

Dari Benteng Tore kita bisa melihat bibir pantai di bawah sekaligus bisa menyaksikan keindahan puncak  Kie Matubu jika melihat ke atas. Benar-benar serasa mimpi melihat jarak gunung dan laut yang tidak begitu jauh #SelemparanKolor ajah. Lengkap sudah wisata impian jika berkunjung ke Pulau Tidore. Orang yang suka nanjak gunung bisa hiking ke puncak Kie Matubu yang aduhai, sedangkan orang yang gemar berendam di air bisa kecipak-kecipik manja di bibir pantai Pulau Tidore.

Puncak Kie Matubu dilihat dari Benteng Tore via Google 360 by Jiří Hruška

Kalo kamu alergi dengan air asin, kamu masih bisa berhura-hura hore dengan air tawar di air terjun Goheba. Kalo kamu nekad mencari kesaktian ilmu kanuragan mungkin bisa bertapa tiga hari tiga malam di bawah air terjun Goheba, dijamin enggak akan sakti tapi bakalan masuk angin macam sapi glonggongan kebanyakan minum air dan masuk angin. #DikepretDukunBeranak.

Ai terjun Goheba. Source tips-wisata-indonesia.blogspot.co.id

Setelah puas bermain-main dan mengintip para bidadari mandi serpihan surga Pulau Tidore dari Benteng Tore, waktunya berkunjung ke kediaman Sultan Tidore. Di Pelabuhan Rum Pulau Tidore para hulubalang kesultanan menyampaikan informasi bahwa Sultan Tidore ke-37 sedang mengadakan pesta rakyat dan jamuan makan perayaan ulang tahun Tidore ke 909. #AlhamdulillahRejekiAnakSholeh.

Widiiih namanya pesta rakyat pasti jamuan makanan akan melimpah ruah. Bisa makan sampai kenyang tujuh hari tujuh malam hihihi. #SemogaBukanHarapanKosong

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Tidore juga memiliki keeksotisan kuliner yang tidak kalah dengan daerah lain. Sebut saja Papeda, Pisang Mulu Bebe, Apang Coe, Ikan Fufu dan lain sebagainya. Hmm membayangkan kenikmatan duniawi berupa makanan membuat saya ngiler sepanjang perjalanan menuju kediaman Sultan Tidore. #JalanSambilNgunyahDaunSirih

Papeda. source Wikipedia

Ketika gerbang kediaman Sultan Tidore sudah ada di depan mata, tiba-tiba kepala saya di-toyor dari belakang oleh seseorang #HmmMungkinDiaTuyul. “Diptraa bangung Diip sholat Maghrib dulu sono jangan ngayal melulu” kontan saja toyor-an dan teriakan Rojiun membuyarkan khayalan saya tentang keeksotisan Pulau Tidore. Khayalan-khayalan lebay tentang jalan-jalan manja di Pulau Tidore buyar sudah. #DasarRojiunGaBolehLiatOrangSenang.

Yaaah namanya juga khayalan, enggak boleh terlalu di-baperin. Tapiii semoga menjadi kenyataan juga siih bisa mampir ke Pulau Tidore. Malu banget lah orang-orang luar negeri dah pada menjelajah Tidore lah orang Indonesia sendiri macam saya ini belum pernah plesiran ke sana. Semoga khayalan lebay ini dikabulkan oleh Tuhan yang sudah menganugerahkan Pulau Tidore untuk Indonesia. Amiiiin.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba #VisitTidore : Tidore Untuk Indonesia

Untuk info lebih lanjut mengenai lomba Tidore Untuk Indonesia bisa mengunjungi tautan berikut ini annienugraha.com

p.s juga dituliskan artikel ini sebagai tribute untuk almarhum M. Adi Mariyanto (Oom Cumilebay) yang meninggal pada tanggal 3 Maret 2017 lalu. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi-Nya. Amiin.

3 thoughts on “VISIT TIDORE ISLAND – JALAN-JALAN MANJA DAN KHAYALAN-KHAYALAN LEBAY YANG MENYERTAINYA

  1. Wah pengen sekali berkunjung ke Tidore. Penasaran dengan Kota yang kaya akan rempah rempah yang banyak diperebutkan bangsa bangsa Eropa karena karena nilai jualnya yang sangat tinggi. Selain itu juga banyak pantai pantainya yang keren sekali ^_^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s